Makin Banyak Keringat, Makin Banyak Lemak Dibakar, Benarkah?

Bila anda ingin menurunkan berat badan, bisa mencoba rekomendasi dari saya. Sebab dari survey yang dilakukan, banyak yang telah menurunkan berat badan dengan ini secara ALAMI 2 - 3 kg/ minggu tanpa efek samping. Kok bisa? klik disini segera.

Banyak sekali orang yang meyakini bahwa salah satu tanda kita membakar lemak adalah dengan berkeringat. Namun, apakah benar semakin banyak keringat keluar, semakin banyak pula lemak yang di bakar? Ternyata tidak!

Sebenarnya hal ini sudah banyak di bahas, namun masih banyak orang yang berpikir bahwa berkeringat saat olahraga menandakan semakin banyak tubuh membakar lemak. Benar bahwa Anda membakar lemak selama berolahraga, namun semua itu karena anda berolahraga, bukan dari banyaknya keringat.

Mengenal Seluk Beluk Keringat
Apa sebenarnya keringat? Seperti yang kita ketahiui, kelenjar didalam kulit kita menghasilkan cairan yang di sebut keringat. Keringat terdiri dari berbagai komponen seperti laktat, natrium klorida, mineral, air dan urea. Berkeringat merupakan proses termoregulasi atau mekanisme tubuh untuk menjaga suhu tubuh dalam level optimal dan merupakan reaksi tubuh yang merasakan bahwa tubuh sedang kepanasan alias overheating sehingga tubuh pun berusaha mendinginkannya. Jadi, saat keringat menguap melalui permukaan kulit, maka tubuh akan melepaskan panas keluar dan menurunkan suhu tubuh.

Apa Yang Menjadi Penyebab Banyak Atau Sedikitnya Keringat?
Keringat bisa di sebabkan oleh banyak faktor seperti aktifitas fisik, genetik, jenis kelamin, metabolisme tubuh, suhu, kondisi emosional, adanya penyakit dan penggunaan obat - obat tertentu.

Tubuh yang kepasanan atau overheating bisa disebabkan karena suhu yang panas, sauna, stress dan juga karena pemanasan otot ketika kita berolahraga. Nah, aktifitas fisik yang berupa olahraga ini lah yang membuat tubuh kita mengalami 2 proses yaitu memproduksi keringat dan membakar lemak.

Keringat Dan Lemak
Pertanyaannya, apakah dengan mengeluarkan banyak keringat sama dengan membakar lemak lebih banyak? Sayangnya tidak. Selain faktor yang sudah di sebutkan diatas, setiap orang juga menghasilkan keringat dalam jumlah yang berbeda - beda seperti lamanya berolahraga dan berat badannya saat itu. Namun tetap di ingat, bahwa berkeringat hanyalah mekanisme tubuh untuk menjaga agar suhu tubuh tetap stabil.

Lemak didalam tubuh kita akan dibakar ketika kita berolahraga yang selanjutnya akan di ubah menjadi energi untuk melakukan aktifitas olahraga. Nah, saat tubuh memproduksi energi melalui proses metabolisme, tubuh akan mengeluarkan panas. Dan karena suhu tubuh meningkat melebihi normal, maka tubuh pun segera bereaksi untuk menurunkan suhu tubuh kembali ke level normal. Oleh sebab itu, keringat di keluarkan untuk menjaga agar suhu tubuh tetap normal.

Seperti yang tadi sudah disebutkan, banyaknya keringat yang keluar dari setiap orang berbeda  - beda selama mekanisme pendinginan ini. Jadi, bukan berarti semakin sedikit kita berkeringat maka semakin sedikit pula lemak yang di bakar. Berkeringat dan membakar lemak adalah 2 hal yang berbeda.

Sebuah penelitian yang di lakukan di Jepang menyatakan bahwa pria lebih banyak menghasilkan keringat dibanding wanita ketika berolahraga,  namun hal itu tidak ada hubungannya dengan pembakaran lemak  atau intensitas olahraga yang di lakukan.

Kita mungkin akan merasa lebih ‘ringan’ dan bahkan mengalami penurunan berat badan setelah mengeluarkan banyak keringat. Tapi, tunggu dulu! Ini bukan berarti lemak Anda yang berkurang, melainkan air tubuh Anda-lah yang berkurang!

Tubuh manusia tersusun dari sekitar 75% air, sehingga masuk akan ‘kan kalau banyak air yang terbuang dari tubuh akan membuat berat badan kita turun?


Ingat Dehidrasi!
Anda mungkin sering melihat orang - orang yang melakukan jogging dengan mengenakan jaket yang tebal supaya bisa mengeluarkan banyak keringat dan membakar kalori lebih banyak. Ini bukanlah hal yang benar. Tidak hanya membuat mereka bisa mengalami dehidrasi berat, tapi cara ini memang tidak akan membakar lemak lebih banyak.

Dehidrasi yang hanya 2% saja dari total air dalam tubuh bisa memberikan dampak 30% terhadap performa tubuh karena kelelahan. Bahkan, kehilangan air tubuh hingga lebih dari 15% bisa berakibat fatal yaitu kematian. Oleh karena itu, jika Anda banyak mengeluarkan keringat, maka segera cari minuman untuk mengisi kembali cairan didalam tubuh.

Jadi, melakukan jogging disiang hari dengan menggunakan jaket yang tebal bukan berarti membantu meningkatkan pembakaran lemak. Temperatur yang tinggi pada siang hari, jaket yang tebal memang membuat suhu tubuh kita meningkat dan keringat akan keluar untuk membuatnya menjadi dingin, namun itu bukan berarti membantu kita menurunkan berat badan dan membakar lemak lebih banyak.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan lakukanlah hal yang efektif untuk membakar lemak seperti olahraga secara teratur dan pengaturan pola makan yang tepat. Karena inilah satu - satunya cara yang paling efektif untuk membakar lemak didalam tubuh anda dan menurunkan berat badan.

Oleh karena itu hindari pikiran yang mengatakan bahwa pembakaran kalori di pengaruhi oleh jumlah keringat yang di keluarkan! Train smarter, not harder!

dietbookSeperti yang saya janjikan, saya ingin membagi sebuah panduan dasar untuk menurunkan berat badan dan panduan ini sangat baik untuk di baca. Bahkan saya mewajibkan kepada anda untuk membacanya bila anda serius ingin menurunkan berat badan.

Semua berawal dari sini, keberhasilan anda berasal pondasi dasar yang harus anda bentuk. Dan Pondasi dasar terbaik ada di buku elektronik ini. Itulah kenapa penulis dari buku ini berhasil menurunkan berat nya hingga 30kg. Semoga bermanfaat..


Silahkan masukkan alamat email anda, dan buku elektronik ini akan dikirimkan ke email anda.
Nama Panggilan Anda :
* Email Anda :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment